Kamis, 15 September 2011

Tugas Bisnis Internasional

lanjutan....


8.  Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen pemasaran ? serta fungsinya?

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, mempertaruhkan produk yang bernilai dengan pihak lain. (Philip Kotler)

Menurut Kotle dan Amstrong (2001:1) menyatakan Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli dengan sasaran demi mencapai tujuan organisasi.

Fungsi Manajemen pemasaran ;
·         Analisis peluang pasar
-mengembangkan system informasi pemasaran yang dapat diandalakan
-pengenalan prilaku pembelian, presepsi, keinginan, dan kebutuhan dari pasar sasaran
-mengamati segmen-segmen pasar, disetiap pasar yang dilayani.
·         Menembangkan produk dan siklus hidup produk
1)    -Pemunculan gagasan
2)   -Penyaringan gagasan
3)   -Pengembangan dan pengujian konsep produk
4)   -pengembangan strategi pemasaran
5)   -Analisis bisnis
6)   -Pengembangan/ Pembuatan produk
7)   -Pengujian Pasar
8)   -Komersialisasi
Tujuan setiap tahapan adalah untuk menentukan apakah gagasan produk baru harus dihentikan / diteruskan ketahap selanjutnya.

Setiap produk akan mengalami siklus hidup pruduk (product life cycle/ PLC)

- Tahap perkenalanà Produk mulai diluncurkan dalam jumlah dan distribusi terbatas.promosi dilakukan secara agresif untuk menarik pembeli dan laba yang diperoleh relatif masih rendah.
- Tahap pertumbuhanàpenjualan dan laba meningkatkan dengan sangat pesat, hal ini menarik pesaing untuk memasuki pasar.perusahaan dapat memasuki segmen pasar baru dalam distribusi baru serta sedikit mengurangi laba.
- Tahap kedewasaanàawal tahap kedewasaan, penjualan produk meningkat dengan lamban hingga mencapai puncaknya, persaingan harga menjadi tajam dan perusahaan seharusnya segera mempertimbangkan untuk memperkenalkan produk baru atau pengganti pasar.
- Tahap penurunanàpada tahap ini angka penjualan terus menurun secara drastis karena permintaann berkurang. Beberapa alternatif  tindakan yang dapat dilakukan antara lain melepas produk yang bersangkutan.
·         Merencanakan program pemasaran
-          Membuat keputusan tentang produk
Produk berupa barang dapat dibedakan sbb:
Ø  Barang Konsumsi (Consumer Goods) yaitu barang yang dibeli konsumen untuk digunakan secara pribadi.
# Convenience goodsà barang yang dibutuhkan setiap hari dan harganya rmurah, pembeli tidak mau menggunakan banyak waktu untuk membelinya.
# Shopping goodsà Konsumen mau memberikan waktu untuk membeli dan terlebih dulu membandingkan harga beberapa alternatif barang yang tersedia.
# Specialyty goodsà barang mewah yang pembeliannya sangat jarang, konsumen butuh banyak waktu untuk membuat pertimbangan pembelian.
Ø  Barang Industri ( Industial goods) yaitu barang yang dibeli oleh perusahaan atau organisasi untuk digunakan dengan cara diproses kembali, dijual atau disewakan.
Ada beberapa jenis merek sbb;
# manufactured brandàmerek yang dimiliki oleh produsen
#private brandà merek yang dimiliki penyalur
# lincensed brandà merek yang dimilki oleh satu produsen dan mengijinkn pihak lain untuk menggunakan merek  ersebut denan syarat tertentu.
-          Membuat keputusan tentang harga
Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsuman untuk mendapatkan produk dari perusahaa.
Ada  factor-faktor yang harus diperhatikan :
Ø  Keadaan perekonomian
Ø  Penawaran dan permintaan
Ø  Elastisitas permintaan
Ø  Persaingan
Ø  Biaya
Ø  Pengawasan pemerintah
2 alternatif untuk menetapkan harga;
Ø  Market skimmingà penetapan harga awal yang tinggi untuk mempercepat pengembalian investasi dan perolehan laba.
Ø  Market penetrationà penetapan harga yang awal yang rendah untuk menarik pembeli dalam jumlah yang besar.
Jenis-jenis potongan harga:
Ø  Quantity Discountàpotongan harga untuk pembelian dalam jumlah besar
Ø  Cash Discountà potongan harga untuk pembelian secara tunai
Ø  Trade Discountàpotongan harga untuk penyalur
Ø  Seasonal Discountàpotongan harga pada saat dimana demand relatif sepi atau turun
-          Membuat keputusan tentang tempat/ saluran distribusi
Kategori perantara;
Ø  Grosir (Wholeseler) merupakan perantara pedagang yang terikat perdagangan dalam jumlah besar tidak melayani penjualan ke konsumen akhir.
Ø  Pengecer (retailer) merupakan perantara pedagang yang membeli barang untuk dijual kembali langsung pada konsumen akhir atau pemakai.
Ø  Agent merupakan panyalur kepada konsumen yang tidak memiliki hak milik atas barang yang diperdagangkan.
Ada tiga alternative yang dapat dipilih
Ø  Distribusi intensif
Ø  Distribusi selektif
Ø  Distribusi eksklusif
-          Membuat keputusan tentang promosi
Promosi adalah meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya kepada pasar sasaran.
Promosi harus dilakukan meliputi;
Ø  Periklanan / advertising
-surat kabar
-majalah
-radio
-televisi
-brosur/ selembaran
-media luar ruang
Ø  Penjualan pribadi/ personal selling
Personal selling adalah interaksi antar individu yang saling bertemu muka dan ditujukan untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
Ø  Promosi penjualan/ sales promotion
Merupakan suatu cara promosi yang menggunakan alat-alat seperti pameran dagang, pemberian hadiah langsung dll.
Ø  Publisitas dan  hubungan masyarakat/ publicity & public relation
Merupakan kegiatan promosi yang dilakukan oleh media
Ø  Pemasaran langsung/ Direct marketing
Merupakan system pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk mempengaruhi tanggapan yang dapat diukur dan atau transaksi silokasi manapun.



9.  Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen keuangan ? serta fungsinya?
Manajemen keuangan atau dalam literature lain disebut pembelanjaan adalah sebagai aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan hubungan dengan bagaimana memperoleh dana, dan mengolah assets sesuai tujuan perusahaan secara menyeluruh. (Martono & Agus Sardjito,2004)

Tiga Fungsi utama yang harus dijalankan para manajer keuangan, yaitu ;
-          Keputusan mengenai investasi, yang akan menentukan keseluruhan jumlah aktiva yang  ada komposisi aktiva dalam perusahaan.
-          Keputusan mengenai pemenuhan kebutuhan dana, meliputi sumber dana yang digunakan, penentu struktur modal yang optimal.
-          Keputusan mengenai deviden, bersangkutan dengan net profit yang akan dibagikan sebagai deviden dan penentuan laba ditahan untuk re-investasi.


10.  Jelaskan yang dimaksud  manajemen operasi ? serta fungsinya?
manajemen operasi Merupakan usaha-usaha pengelolaan secara optimal penggunaan sumber daya-sumber daya, tenaga kerja, mesin, peralatan, bahan mentah dan sebagainya dalam proses transformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbagai produk dan jasa. (buku dasar manajemen produksi dan operasi jilid 1- T Hani Handono)

Fungsi produksi
a)    Proses adalah sebagai metode dan teknik yang digunakan untuk pengolahan bahan.proses produksi ini terdiri dari peralatan dan bahan-bahan yang dikombinasikan atau diolah menjadi barang atau jasa yang akan memberikan kepada pelanggan.
Proses produksi ini dapat diklasifikasikan berdasarkan:
Ø  Sifat produksi
-          Proses produksi terus-menerus (countinuous of production), dimana proses produksi dimana bahan baku mengalir secara berurutan melalui beberapa tingkat pengerjaan sampai menjadi barang jadi.
-          Proses produksi terputus-putus (intermetten of production) adalah proses produksi yang berselingan atau terputus karena dibuatnya berbagai macam produk dalam waktu yang sama.
Ø  Teknis
-          Proses ekstratifà suatu proses produksi yang mengambil bahan-bahan langsung dari alam.
-          Proses pabrikasià suatu proses pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi dalam bentuk lain.
-          Proses analitikà pemisahaan dari suatu bahan menjadi beberapa macam barang yang hamper menyerupai bentuk/ jenis aslinya.
-          Proses sintetikà perkombinasian beberapa bahan ke dalam satu bentuk produk dimana produk akhir berbeda dengan aslinya karena ada perubahan fisik atau kimia.
-          Proses perakitanà menggabungkan komponen-komponen menjadi produk akhir dimana produk akhir tersebut saling berhubungan.
-          Proses penciptaan jasa-jasa administrasià seperti lembaga konsultasi dalam bidang administrasi keuangan.

b)   Jasa adalah merupakan layanan untuk menetapkan tehnik-tehnik sehingga proses dapat dipergunakan secara efektif. Jasa-jasa ini berhubungan dengan pengetahuan dan tehnologi untuk menjaminberlangsungnya proses produksi.
c)    Perencanaan adalah merupakan pedoman-pedoman dari kegiatan produksi untuk suatu dasar waktu tertentu.perencanaan ini dibutuhkan untuk menjamin tujuan produksi dapat tercapai dan dapat dilaksanakan secara efektif.
d)   Pengawasan dimana kegiatan ini untuk menjamin bahwa kegiatan dapat dilaksanakan sebagai mestinya.pengawasan ini dilakukan meliputi, pengawasan kerja, pengawasan kualitas dan pengawasan program.


11.  Jelaskan yang dimaksud  manajemen SDM ? serta fungsinya?
Manajemen sumber daya manusia merupakan proses perencanaan, pengorganisasia, pengarahan dan pengendalian dari aktivitas pengadaan, pengembangan , kompensasi, intergasi, pemeliharaan dan pemisahan sumber daya manusia dalam rangka memenuhi tujuan individu, organisasi dan masyarakat. (Flippo ; 1998)

Fungsi SDM :
a.    Perencanaan tenaga kerja
Suatu proses penentuan kebutuhan tenaga kerja dan cara memenuhinya baik secara kuantitatif maupub kualitatif.dalam perencanaan tenaga kerja, departemen SDM pada suatu perusahaan harus melakukan proses Analisis Jabatan atau Job Analysis yaituanalisis yang sistemetis terhadap berbagai pekerjaan atau jabatan dalam suatu perusahaan
Hasil dari Job Analysis yang dapat digunakan untuk menyususn :
1.     Job Descrition
Suatu pernyataan tertulis yang berisi tentang berbagai tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh sesorang yang memangku jabatan/ pekerjaan tertentu, kondisi kerja, peralatan  dan material serta informasi yang akan digunakan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
2.    Job Specification
Suatu pernyataan tertulis yang berisi tentang ketrampilan , kemampuan dan kualifikasi yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan melaksanakan jabatan / pekerjaan tertentu secara efektif.
3.    Job Standard
Suatu pernyataan tertulis yang menunjukkan target atau standar kerja yang harus dicapai oeleh seseorang yang memangku jabatan atau melaksanakan pekerjaan tertentu
b.    Penarikan tenaga kerja / Recruitment
Dalam penarikan tenaga kerja perusahaan memerlukan beberapa sumber;
1.     Sumber dari dalam organisasi / internal recruitment
Yaitu suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dari dalam perusahaan sendiri, yaitu dari para karyawan yang telah bekerja di perusahaan sekarang ini untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada.
2.    Sumber dari luar organisasi
Yaitu suatu usha untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dari orang-orang diluar perusahaan, yaitu dengan merekrut tenaga kerja baru untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan.
3.    Sumber-sumber external recruitment antara lain;
·         Pemasangan iklan lowongan kerja di media
·         Biro tenaga kerja
·         Rekomendasi dari tenaga kerja lama
·         Institusi pendidikan
·         Serikat pekerja
·         Pelamar secara insidentil
c.  Seleksi tenaga kerja / selection
Tujuan penyeleksian tenaga kerja yaitu untuk mencari atau mamilih tenaga kerja yang sesuai dengan persyaratan atau kualifikasi jabatan tertentu.
Beberapa tahapan seleksi yang umum dipergunakan:
·         Pengisian formulir oleh para pelamar
·         Testing, yang dapat meliputi test tertulis, lisan, psychotest dan praktek kerja.
·         Wawancara
·         Pemeriksaan kesehatan
·         Penelusuran latar belakang/ referensi
d.    Penempatan karyawan/ placement
Setelah melakukan penyeleksian, maka perusahaan dapat melakukan proses penempata karyawan pada posisi atau jabatan yang sesuai. (the right man in the right place)

A.   Pengembangan SDM
·         Penilaian prestasi kerja/ performance appraisal
Prestasi kerja adalah hasil kerja yang dicapai seseorang dalm melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan waktu. (Hasibuan;2005)
·         Pelatihan dan pengembangan/ training & development
Pelatihan dan pengembangan merupakan usaha untuk menghilangkan kesejangan antar unsure dan kualifikasi yang dimiliki oleh seorang karyawan oleh seorang karyawan dengan unsure dan kualifikasi yang dikehendaki organisasi.
·         Pengembangan karir/ career development
Karir adalah serangkaian jabatan yang pernah dipangku sesesorang selama masa kerjanya. Pengembangan karir setiap karyawan dapat ditunjang oleh berbagai program berikut ini :
a)      Promosi
b)     Demosi
c)      Transfer
d)     Penghentian Hubungan Kerja/ PHK
B.    Kompensasi
Kompensasi karyawan merupakan usaha pemberian balas jasa atau imbalan atas tenaga, waktu, pikiran serta prestasi yang telah diberikan oleh seorang tenaga kerja atau karyawan pada perusahaan.
Bentuk-bentuk konpensasi;
·      Upah dan gaji
Upah merupakan pembayaran berupa uang untuk pelayanan kerja yang biasanya dibayarkan kepada karyawan berdasarkan kepada karyawan berdasarkan jumlah output kerja yang dihasilkan  atau jam kerja atau waktu yang dipergunakan.besarnya upah yang dibayarkan pada setiap periode tidak selalu sama.
Gaji merupakan uang yang dibayarkan kepada karyawan pada setiap tertentu yang jumlahnya cenderung tetap.

·      Benefit dan pelayanan


C.    Integrasi dan Pemeliharaan
Integrasi meliputi usha menciptsksn kondisi persamaan kepentingan antara tenaga kerja dengan organisasi, yang telah menyangkut masalah motivasi, koflik dan konseling.
Pemeliharaan merupakan usaha untuk mempertahankan tenaga kerja yang produktif agar tetap dapat bekerja di perusahaan, serta mau membina kerjasama dan komunikasi yang baik dengan sesama karyawan
Pemutusan Hubungan Kerja           
Pemutusan hubungan kerja menyangkut masalah pengembalian karyawan kepada masyarakat dan merupakan tanggung jawab perusahaan. Proses pemutusan hubungan kerja harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dan menjamin bahwa warga masyarakat yang dikembalikan tersebut berada dalam keadaan sebaik mungkin.




12.  Apa yang dimaksud dengan etika bisnis?
Velasquez (2005), mendefinisikan etika bisnis: ”merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana siterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

13.  Apa yang dimaksud dengan CSR ?

definisi CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan komitmen bisnis untuk konstribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja sama dengan karyawan perusahaan serta keluarganya, berikutnya melibatkan komuniti sekitarnya dan masyarakat secara keseluruhan dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan (Budimanta 2004:73).

14.  Peranan technology terhadap bisnis ?
Technology memiliki peranan yang sangat besar bagi bisnis. Peranan tersebut dapat memberikan pengaruh yang positif atau negative, bisa memberikan keuntungan atau kerugian. para pembisnis harus dapat beradaptasi dengan setiap perubahan technology, karena jika perusahaan tersebut tidak mau mengikuti perubahan atau tetap mempertahankan bisnisnya pada tecknology yang lama maka  bisnis tersebut akan tergilas oleh pesaing-pesaing yang bermunculan dengan technology baru .
Sebagai contoh  PT. Indofood  yang selalu mengembangkan produknya terutama produk indomie. PT. Indofood banyak melakukan perubahan pada packaging, iklan, event dan menambah varian rasa.

15. Apa yang dimaksud dengan lingkungan global dan bagaimana pengaruhnya ?

Lingkungan global eksternal  memiliki pengaruh yang sangat besar pada keberhasilan perusahaan. Dengan perubahan-perubahan yang saat ini terjadi dan makin meluasnya fenomena global, perusahaan menghadapi banyak tantangan yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya. Kemampuan perusahaan untuk menerapkan atau mengubah strategi untuk mengkompensasi atau mengambil manfaat dari perubahan-perubahan akan menciptakan keberhasilan dan bahkan kelangsungan hidupnya. Dengan kata lain bagaimana perusahaan harus bersikap terhadap setiap perubahan yang ada agar tidak merugi.

Perusahaan dapat mengembangkan beberapa sikap strategis dalam hubungannya dengan lingkungan, yaitu sebagai berikut:

1. Perusahaan dapat menerapkan strategi bertahan. Para perusahaan yang ber- status quo berfokus pada strategi sesuai kompetensi  dari produk tertentu yang sementara ini menjadi andalan. Dan secara taatasas mempertahankan posisinya di pasar untuk “melawan” para pesaingnya, pemerintah, dan sebagainya. Misalnya pabrik rokok manual bertahan menghadapi pesaingnya yang menggunakan alat mesin.
   2. Sebuah perusahaan dapat menjadi seperti peneliti. Para peneliti selalu mencari kesempatan pasar yang baru dan agresif mencari upaya untuk mengembangkan produk dan pasar baru. Misalnya, pada saat harga karet alami sangat tinggi, ditemukanlah bentuk karet buatan (karet sintetis) dan pasar baru untuk jenis karet tersebut.
   3. Sebuah perusahaan dapat menerapkan sikap sebagai analis. Penganalis memiliki kepribadian yang terbagi-bagi. Mereka memiliki satu produk di pasar yang stabil dan di pasar yang berubah. Di pasar stabil mereka beroperasi secara rutin, sedangkan di pasar yang berubah dengan cepatnya mereka memperhatikan para pesaing dan  mengadaptasinya sebisa mungkin.
   4. Sebuah perusahaan dapat menjadi pereaksi. Para pereaksi melihat perubahan-perubahan pokok di lingkungan mereka, tetapi memiliki kesulitan menghadapi perubahan yang cepat. Namun, mereka cukup siap untuk memenuhi perubahan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar