Selasa, 27 September 2011

TUGAS RANGKUMAN BISNIS INTERNASIONAL


                                                          BAB I
Bisnis adalah sebuah organisasi yang memproduksi atau menjual barang atau jasa untuk mendapatkan laba. Prospek memperoleh laba itu adalah selisih antara pendapatan dan pengeluaran bisnis. Bisnis Internasional terjadi antara dua perusahaan atau lebih berbeda negara yang bersepakat bekerjasama yang memberikan profit bagi kedua belah pihak.
Alasan mempelajari Bisnis Internasional
·         Banyak organisasi besar telah melakukan operasi di tingkat internasional dan dipengaruhi oleh ekonomi global. Kita perlu meningkatkan pemahaman akan hal ini, guna mengembangkan peluang karir dan untuk melakukan interaksi yang efektif dengan manajer;
·         Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sudah lebih terlibat dalam Bisnis Internasional;
·         Kita bekerja dalam perusahaan yang kantor pusatnya di negara lain;
·         Untuk mengenal teknik alat dan alat-alat bisnis terkini;
·         Mengenal budaya dalam interaksi bisnis terkini.

Sejarah Bisnis Internasional
§  Sebelum Masehi, Pedagang Venesia dan Yunani mengirim wakil-wakil ke luar negeri untuk menjual barang-barang hasil produksinya.
§  Tahun 1600-an, British East India Company mendirikan cabang di seluruh Asia. Dan perusahaan-perusahaan Belanda (berdiri tahun 1950) membuka rute-rute perjalanan ke Timur, bergabung untuk membentuk Dutch East India Company dan juga membuka kantor-kantor cabang di Asia.
§  Tahun 1700-an, Pedagang kolonial Amerika mulai beroperasi dengan model yang sama .
§  Tahun 1800-an, Bayer (Jerman) mulai mendirikan perusahaannya di Amerika dan Eropa.
§  Tahun 1900-an, perusahaan-perusahaan Amerika mulai memiliki fasilitas produksi di dua atau tiga lokasi di luar negeri.

Studi bisnis internasional mulai berkembang sejak akhir Perang Dunia ke-2 dan memberi dimensi baru bagi studi ekonomi dan manajemen.

Kekuatan yang mendasari Bisnis Internasional
§  Etnosentris
Karakteristiknya:
1.      Keyakinan bahwa produk negeri sendiri yang unggul
2.      Produk yang sukses di dalam negeri harus dipakai di luar negeri
3.      Operasi luar negeri dianggap kurang penting
4.      Pasar luar negeri merupakan sasaran untuk kelebihan produk dalam negeri
5.      Rencana pasar luar negeri dikembangkan di kantor dalam negeri dengan menggunakan kebijakan yang identik dengan dalam negeri
6.      Tidak ada riset pemasaran yang sistematik
7.      Tidak ada modifikasi produk yang cukup mendasar
8.      Tidak ada perhatian yang sungguh-sungguh pada kebutuhan pasar luar negeri
§  Polisentris
Karakteristiknya:
1.      Keyakinan bahwa setiap negara unik dan berbeda serta cara untuk meraih sukses di tiap negara berbeda
2.      Setiap anak perusahaan beroperasi secara independen dan menetapkan tujuan pemasaran sendiri
3.      Pemasaran diorganisasikan dengan dasar negara per negara, setiap negara memiliki kebijakan pemasaran unik
§  Regiosentris dan Geosentris
Karakteristiknya:
1.      Perusahaan memandang wilayah regional di seluruh dunia sebagai suatu pasar dan mencoba mengembangkan strategi pemasaran terpadu regional/ dunia
2.      Regiosentris/ orientasi geosentris yang terbatas pada suatu wilayah regional
3.      Manajer memiliki pandangan dunia ke arah wilayah regional tetapi memandang dunia sebagai orientasi etnosentris/ polisentris
Pengertian Bisnis Internasional
“ Suatu aktivitas, berupa transaksi bisnis di antara lebih dari dua negara, yang melibatkan pihak individu perorangan, individu perusahaan, kelompok perusahaan, dan atau agen internasional dan juag diartikan sebagai studi yang mempelajari aktivitas tersebut.”
Definisi Bisnis Internasional menurut para ahli:
1.      Menurut Ball, McCulloch, Frantz, Geringer, Minor (2006), Bisnis Internasional adalah bisnis yang kegiatannya melampaui batas negara.
2.      Charles WH Hill (2008), bisnis internasional sebagai perusahaan yang terlibat dalam perdagangan maupun investasi internasional.
3.      Daniels, Radebaugh & Sullivan (2004), menyatakan sebagai semua transaksi komersial baik oleh swasta maupun pemerintah diantara 2 negara atau lebih.
Karakteristik Bisnis Internasional
1.      Transaksi lebih dari dua negara, yang tidak terbatas pada perusahaan multinasional, tetapi ada juga UKM yang terlibat, umumnya dipimpin oleh Multinasional Enterprise(MNes);
2.      Aktivitas inti yang diselenggarakan adalah ekspor, impor, FDI,  franchising, licensing,  joint ventures;
3.      Sistem legal diantara negara berbeda, memaksa satu negara atau lebih untuk menyesuaikan perilaku mereka dengan hukum yang berlaku;
4.      Menggunakan mata uang berbeda-beda;
5.      Budaya negara-negara berbeda, memaksa setiap pihak untuk menyesuaikannya;
6.      Ketersediaan sumber-sumber yang berbeda di tiap negara, saling melengkapi.
Aktivitas Bisnis Internasional
1.      Visible Trade (Merchandise export and import), perdagangan barang-barang berwujud
2.      Invisible Trade (Service export and import), perdagangan dalam jasa, bank, travel, akunting
3.      Internasional Investment:
·         Foreign Direct Invesment (FDI), investasi yang bertujuan untuk mengawasi kepemilikan (property), asset perusahaan di negara lainsecara aktif
·         Portofolio Investment, pembelian aset keuangan luar negeri (saham, obligasi, sertifikat deposito) untuk tujuan selain pengawasan
4.      Lisensi, suatu perusahaan di suatu negara memberikan lisensi untuk menggunakan kepemilikan intelektualnya (paten, trademarks, merek, hak cipta, dsb)
5.      Waralaba (Franchising), suatu perusahaan di suatu negara memberikan hak kepada perusahaan di negara lain untuk menggunakan merek, logo, dan teknik operasi
6.      Management Contract, sebuah perusahaan di suatu negara setuju untuk mengoperasikan fasilitas atau menyediakan jasa manajemen perusahaan di negara lain

1 komentar:

  1. makasi gan pembelajaranyaa

    www.mytechnomagazine.com

    BalasHapus