Kamis, 15 September 2011

Tugas Bisnis Internasional


1.  Apa yang dimaksud dengan bisnis?

Bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan uang dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan kosumen. (Allan Afuah ; 2004 )
Sebagai contoh PT. Indofood Tbk, perusahaan yang sudah menjadi leader market di Indonesia.
PT.Indofood banyak melakukan pengembangan dan tranformasi berbagai sumber daya menjadi produk yang diinginkan konsumen  salah satunya adalah  indomie, hal ini dilakukan PT.Indofood untuk memperoleh keuntungan / profit dari penjualannya.

2.  Apa yang dimaksud dengan lingkungan bisnis ?

Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan.

3.  Jenis-jenis lingkungan bisnis ?
A. Lingkungan Makro, merupakan tempat di mana perusahaan harus memulai pencariannya atas peluang dan kemungkinan ancaman. Lingkungan ini terdiri dari semua pihak dan kekuatan yang mempengaruhi operasi dan prestasi perusahaan. Perusahaan perlu untuk memahami kecenderungan akan lingkungan saat ini.
Lingkungan makro perusahaan terdiri dari enam kekuatan utama, yaitu :

1. Lingkungan demografi, memperlihatkan pertumbuhan penduduk dunia yang tinggi, perusahaan distribusi, umur, etnis, dan pendidikan, jenis rumah tangga baru, pergeseran populasi secara geografi, dan perpecahan dari pasar masal menjadi pasar-pasar mikro.
2. Lingkungan ekonomi, memperlihatkan suatu perlambatan dalam pertumbuhan pendapatan riil, tingkat tabungan yang rendah dan hutang yang tinggi, dan perubahan pola pengeluaran konsumen.
3. Lingkungan alam, memperlihatkan kekurangan potensial dari bahan baku tertentu, biaya energi yang tidak stabil, tingkat populasi yang meningkat, dan gerakan “hijau” yang berkembang untuk melindungi lingkungan.
4. Lingkungan teknologi, memperlihatkan perubahan teknologi yang semakin cepat, kesempatan inovasi yang tak terbatas, anggaran riset dan pengembangan yang tinggi, konsentrasi pada perbaikan kecil daripada penemuan besar, dan pengaturan yang meningkat terhadap perubahan teknologi.
5. Lingkungan politik, memperlihatkan pengaturan bisnis yang substansial, peranan badan pemerintah yang kuat, dan pertumbuhan kelompok kepentingan umum.
6. Lingkungan budaya, memperlihatkan kecenderungan jangka panjang menuju realisasi diri, kepuasan langsung, dan orientasi yang lebih sekuler.

B. Lingkungan mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).

Faktor – faktor yang mempengaruhi, lingkungan mikro :
contoh PT.Indofood Tbk (Indomie)

1. Pemerintah                                    ( Pemerintahan Indonesia )
2. Pemegang saham              ( para investor )
3. Kreditor                            
4. Pesaing                               ( mie sedap )
5. Publik                                 ( Media)
6. Perantara                          (para pedagang besar, menengah sampai kecil )
7. Pemasok                             (bogasari )
8. Konsumen                          

4.  Bagaimana pengaruh lingkungan bisnis terhadap bisnis ?

Sebagai aktivitas yang diorientasikan untuk memperoleh keuntungan secara ekonomis, kegiatan bisnis merupakan bidang yang sangat luas dan terkait dengan bidang-bidang lainnya. Perubahan kondisi atau kebijakan dalam bidang lain akan selalu mempengaruhi kondisi bisnis yang ada. Kegiatan bisnis, terlebih yang berskala besar, akan sangat dipengaruhi lingkungan nasional, budaya, hukum, saling ketergantungan tersebut merupakan alasan kuat bagi Pemerintah bersama- politik, teknologi, hankam, dan lain-lain khususnya lingkungan makro ekonomi.sama dengan seluruh komponen masyarakat, untuk selalu berusaha menciptakan iklim atau lingkungan yang  bagi kegiatan bisnis di Negara tersebut, baik bagi bisnis lokal, domestik, maupun asing.


5.  Jelaskan bentuk-bentuk badan usaha ?

1
FIRMA
Perseroan yang didirikan untuk menjalankan suatu perusahaan dibawah satu nama bersama dimana peserta-pesertanya langsung dan sendiri-sendiri bertanggung jawab sepenuhnya kepada pihak ketiga (Lupiyodi R. dan wacik J, 1998)

2
CV
Perseroan yang didirikan untuk menjalankan suatu perusahaan yang dibentuk oleh satu orang atau lebih sebagai pihak yang bertanggung jawab renteng (solider) dan satu orang atau lebih sebagai pihak lain yang mempercayakan uangnya.
(Lupiyodi R. dan wacik J, 1998)
3
PT
Badan hokum yang berdiri berdasarkan perjanjian dengan melakukan kegiatan usaha dengan modal tertentu yang terbagi dalam saham .
4
KOPERASI
Suatu badan usaha yang beranggotakan orang seorangatau badan hokum sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan. (UU No.25 tahun 1992)
5
PERSERO
Suatu perusahaan milik pemerintah yang berbentuk PT pada umumnya yang modalnya milik Negara dari kekayaan nagara yang dipisahkan.


6
PD
Berdiri yang  berdasarkan  atas saham-saham milik pemerintah daerah.
7
PERUM
Perusahaan Negara yang bertujuan mencari keuntungan, tetapi tidak mengabaikan kesejahteraan masyarakat.
8
PERJAN
Perusahaan milik pemerintah yang kegiatan utamanya adalah untuk mensejahterakan masyarakat umum (public service) dengan memperhatikan segala segi kepentingan masyarakat banyak.
9
YAYASAN
Badan usaha yang bergerak dalam bidang social, termasuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan.yayasan tidak diatur dalam KUHP, peraturannya diserahkan kepada yurisprudensi dan kebiasaan.
PT.Indofood merupakan perusahaan yang berbentuk badan hukum perseroan terbatas karena usahanya berdiri berdasarkan perjanjian dengan melakukan kegiatan usaha dengan modal tertentu yang terbagi dalam saham .
6.  Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen ?

Manejemen dalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian aktivitas-aktivitas perusahaanuntuk mencapai tujuan tertentu. (Muselman & jakson 1992)
Fungsi manajemen:
a.    Fungsi perencanaan ( Planning )
Perencaan merupakan aktivitas penentu tujuan atau sasaran yang akan dicapai dan menentukan bagaimana pencapaian tujuan dangan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia.
Jenis- jenis perencanaan ( Hierarchy of plans )
1.     Perecanaan strategis ( strategi planning)
Merupakan suatu perencanaan jangka panjang yang merefleksikan alokasi sumber  daya, prioritas-prioritas perusahaan dengan pertimbangan semua kekuatan dan kelemahan serta tahap-tahapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.
2.    Perencanaan taktis (tactical planning)
Perumusan tujuan aktivitas yang perlu dilaksanakan serta alokasi sumber daya untuk kegiatan operasional disetiap unit dalam perusahaan.
3.    Perencanaan operasional ( Operational planning)
Para manajer tingkat pertama atau first line manajement biasa bertugas dalam menyusun recana jangka pendek ini. Perencanaan ini berkaitan dengan kinerja yang ditargetkan secara harian, mingguan atau buatan.
b.    Fungsi pengorganisasian ( Organizing)
Sebagai proses yang melibatkan dua orang atau lebih untuk bekerjasama dalam cara yang berstruktur untuk mencapai tujuan.
c.    Fungsi pengarahan ( Directing )
Tindakan untuk membimbing dan mengusahakan agar semua anggota organisasi melakukan kegiatan yang sudah ditentukan kearah tercapainya tujuan.
d.    Fungsi pengendalian  ( Controling )
Untuk memastikan apakah tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai didalam pengendalian seorang menejer perlu membandingkan hasil pelaksanaan pekerjaan dengan tujuan atau rencana semula.

7.  Jelaskan yang dimaksud dengan  Organisasi ?
Organisasi ( organization ) terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerjasama dengan cara  yang terstruktur untuk mencapai suatu tujuan .

8.  Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen pemasaran ? serta fungsinya?

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, mempertaruhkan produk yang bernilai dengan pihak lain. (Philip Kotler)

Menurut Kotle dan Amstrong (2001:1) menyatakan Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli dengan sasaran demi mencapai tujuan organisasi.

Fungsi Manajemen pemasaran ;
·         Analisis peluang pasar
-mengembangkan system informasi pemasaran yang dapat diandalakan
-pengenalan prilaku pembelian, presepsi, keinginan, dan kebutuhan dari pasar sasaran
-mengamati segmen-segmen pasar, disetiap pasar yang dilayani.
·         Menembangkan produk dan siklus hidup produk
1)    -Pemunculan gagasan
2)   -Penyaringan gagasan
3)   -Pengembangan dan pengujian konsep produk
4)   -pengembangan strategi pemasaran
5)   -Analisis bisnis
6)   -Pengembangan/ Pembuatan produk
7)   -Pengujian Pasar
8)   -Komersialisasi
Tujuan setiap tahapan adalah untuk menentukan apakah gagasan produk baru harus dihentikan / diteruskan ketahap selanjutnya.

Setiap produk akan mengalami siklus hidup pruduk (product life cycle/ PLC)

- Tahap perkenalanà Produk mulai diluncurkan dalam jumlah dan distribusi terbatas.promosi dilakukan secara agresif untuk menarik pembeli dan laba yang diperoleh relatif masih rendah.
- Tahap pertumbuhanàpenjualan dan laba meningkatkan dengan sangat pesat, hal ini menarik pesaing untuk memasuki pasar.perusahaan dapat memasuki segmen pasar baru dalam distribusi baru serta sedikit mengurangi laba.
- Tahap kedewasaanàawal tahap kedewasaan, penjualan produk meningkat dengan lamban hingga mencapai puncaknya, persaingan harga menjadi tajam dan perusahaan seharusnya segera mempertimbangkan untuk memperkenalkan produk baru atau pengganti pasar.
- Tahap penurunanàpada tahap ini angka penjualan terus menurun secara drastis karena permintaann berkurang. Beberapa alternatif  tindakan yang dapat dilakukan antara lain melepas produk yang bersangkutan.
·         Merencanakan program pemasaran
-          Membuat keputusan tentang produk
Produk berupa barang dapat dibedakan sbb:
Ø  Barang Konsumsi (Consumer Goods) yaitu barang yang dibeli konsumen untuk digunakan secara pribadi.
# Convenience goodsà barang yang dibutuhkan setiap hari dan harganya rmurah, pembeli tidak mau menggunakan banyak waktu untuk membelinya.
# Shopping goodsà Konsumen mau memberikan waktu untuk membeli dan terlebih dulu membandingkan harga beberapa alternatif barang yang tersedia.
# Specialyty goodsà barang mewah yang pembeliannya sangat jarang, konsumen butuh banyak waktu untuk membuat pertimbangan pembelian.
Ø  Barang Industri ( Industial goods) yaitu barang yang dibeli oleh perusahaan atau organisasi untuk digunakan dengan cara diproses kembali, dijual atau disewakan.
Ada beberapa jenis merek sbb;
# manufactured brandàmerek yang dimiliki oleh produsen
#private brandà merek yang dimiliki penyalur
# lincensed brandà merek yang dimilki oleh satu produsen dan mengijinkn pihak lain untuk menggunakan merek  ersebut denan syarat tertentu.
-          Membuat keputusan tentang harga
Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsuman untuk mendapatkan produk dari perusahaa.
Ada  factor-faktor yang harus diperhatikan :
Ø  Keadaan perekonomian
Ø  Penawaran dan permintaan
Ø  Elastisitas permintaan
Ø  Persaingan
Ø  Biaya
Ø  Pengawasan pemerintah
2 alternatif untuk menetapkan harga;
Ø  Market skimmingà penetapan harga awal yang tinggi untuk mempercepat pengembalian investasi dan perolehan laba.
Ø  Market penetrationà penetapan harga yang awal yang rendah untuk menarik pembeli dalam jumlah yang besar.
Jenis-jenis potongan harga:
Ø  Quantity Discountàpotongan harga untuk pembelian dalam jumlah besar
Ø  Cash Discountà potongan harga untuk pembelian secara tunai
Ø  Trade Discountàpotongan harga untuk penyalur
Ø  Seasonal Discountàpotongan harga pada saat dimana demand relatif sepi atau turun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar