Rabu, 21 Desember 2011

Tugas wawancara exportir



Direktur utama
1.       Strategi  untuk memasuki pasar internasional?
Exporter : Sebelum memasuki pasar internasional kita bias melakukan survey / pengumpulan data terlebih dahulu. Di era yang serba online seperti sekarang ini, pengumpulan data bisa dilakukan melalui internet, salah satunya bias dengan menggunakan Google Keyword tool  ( free, asal kita mempunyai account pada Google ) atau bisa juga menggunakan Market Samurai, salah satu software online berbayar yang mempunyai tingkat akurasi hasil survey cukup bagus.
Setelah mempelajari hasil dari survey tersebut kita bisa menentukan pemasangan iklan online secara lebih terarah. Maksudnya terarah di sini adalah, kita bisa menentukan di Negara mana saja kita beriklan dan kata kunci / keyword apa yang akan kita gunakan, sehingga apabila calon pembeli mencari produk, maka (iklan) produk kita yang akan pertama ditampilkan.
2.       Perusahaan tsbt, menggunakan strategi aliansi dengan perusahaan lain atau tidak?
Exporter : Tidak, perusahaan kami tidak melakukan aliansi dengan perusahaan lain baik di domestic maupun di luar negeri
3.       Apa keunggulan produk anda sehingga dapat di export ke luar negeri?
Exporter : Keunggulan produk kita selain harganya bersaing, kualitasnya pun bisa diterima di pasar internasional. Hal tersebut dapat dilihat karena salah satu begara tujuan export kami adalah China ( dimana produk dari negara ini biasanya mempunya harga yang murah ) dan kami juga sudah mengekspor produk kami ke Amerika, yang berarti standar kualitas kami diterima dinegara tujuan.
Majemen pemasaran
1.       Bagaimana program pemasaran perusahaan anda bisa tembus kepasar internasional?
Exporter : Program pemasaran kami ke pasar internasional sebenarnya berangkat dari promosi-promosi yang telah kami lakukan seperti melakukan pameran-pameran di Luar negeri, pemasangan iklan online dan menjadi member di beberapa perkumpulan supplier dan buyer online seperti, Alibaba.com, Amazone.com, TradeKey.com, dan lain-lain.
2.       Bagaimana cara menganalisis pasar internasional?
Exporter : Sebenarnya untuk saya pribadi, menganalisis pasar internasional cukup sulit. Maksudnya cukup sulit disini adalah karena potensi pasar internasional itu kalau boleh saya bilang  adalah unlimited, karena sangat luasnya sehingga perlu waktu yang sangat lama untuk menganalisinya. Namun demikian, kita bisa menganalisis dalam scoupe kecil per Negara atau bahkan per buyer kita, apabila dari tahun ke tahun pertumbuhannya cukup signifikan, berarti pasar internasional itu memang masih cukup besar dan saya sendiri belum tahu dimana batasnya.
3.       Apa yang membuat anda yakin produk dapat diterima dipasar internasional?
Exporter : Yang membuat saya yakin adalah seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan harga yang competitive dan standar kualitas kita yang kita miliki, kita sangat yakin product kita bias diterima di pasar internasional.
4.       Bagaimana mendistribusikan produk ke costomer di dalam maupun luar negeri?
Exporter : Sebenarnya setelah terjadi transaksi yang efektif, untuk mendistribusikannya tidaklah sulit di era saat ini, dimana banyak sekali Distributor dan perusahaan pelayanan jasa untuk angkutan ( Expedisi / Forwarder/ EMKL )
5.       Perusahaan menggunakan standardization atau customized international marketing?
Exporter : Apabila yang dimaksud adalah standarisasi terhadap perlakuan produk di Negara tujuan, saya jawab YA. Karena suatu produk apabila akan masuk Negara lain, tentunya product tersebut harus mengikuti aturan/standarisasi di negara tujuan.
6.       Berapakah harga yang dipatok untuk produk yang di export?
Exporter : Yang jelas kita selalu perhatikan perkembangan harga di pasar internasional sehingga harga yang kita berikan tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal sehingga masih bisa tetap competitive di pasaran
7.       Kenegara manakah produk anda sudah diexpor? Apakah anda berencana expansi pasar kenegara mana saja?
Exporter : Kita sudah export ke beberapa Negara seperti, China, Taiwan, Australia, Filipina, Myanmar, Iran, USA, Saudi Arabia, dan Afrika Selatan.
Expansi ? Tentu saja, yang namanya perusahaan selalu menginginkan pertumbuhan yang baik. Expansi yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini, kita akan coba ke Abu Dhabi, Hongkong dan Kanada, jangka panjangnya tentu kita ingin produk kita bias diterima di semua Negara.
8.       Lihat bauran pemasaran dengan seluruh keputusan2 nya
Manajemen operasi
1.       Bagaimana proses operasi pembuatan produk dari mulai input sampai keoutput, dan sampai ketangan konsumen?
Exporter : Nanti Flowchartnya menyusul ya
2.       Darimana perusahaan mendapat bahan baku, apa kendalanya?
Exporter : Bahan baku didapat dari local dan luar negeri, sejauh ini kendala yang dihadapi hanya apailan terjadi kegagalan panen kapas, maka sedikit banyak akan berpengaruh.
3.       Biaya produksi mengexpor apakah sebanding dengan benefit yang didapat perusahaan?
Exporter : Tentu saja sebanding, dan sebelum melakukan export pasti kita sudah mengkalkulasinya.
4.       Lihat gambar tentang keputusan untuk operasi
Manajemen keuangan
1.       Bagaimana cara atau metode pembayarannya?
Exporter : Metode yang di gunakan ada dua macam yaitu by T/T atau L/C
2.       Mata uang apa yang digunakan untuk transaksi?
Exporter : US Dollar
3.       Apakah kendala dalam pembayaran  atau transaksi international?
Exporter : Sejauh ini tidak ada kendala

4.       Tipe LC apa yang digunakan?
Exporter : L/C at sight
5.       Bagaimana menata keuangan perusahaan sebelum dan sesudah export?
Exporter : Setiap perusahaan pasti mempunyai Budgeting mengenai cash in dan cash out yang menjadi acuan kita periode penjualan selama setahun
6.       Pertajaman ke proses LC
Manajemen SDM
1.       Bagaimana merekrut karyawan yang mampu melakukan export import?
Exporter : Tentu dengan wawancara dan melihat wawasannya akan hal tersebut
2.       Apabila mempunyai cabang diluar negeri bagaimana cara merekrut karyawan disana?
Exporter : Bisa dengan Iklan online atau bantuan (rekomendasi ) dari buyer langganan kita, selanjutnya bisa kita yang interview disana atau calon nya yang dipanggil ke kantor kita.
3.       Apa jenis kompensasi yang diberikan jika karyawan bekerja dengan baik?
Exporter : Ada banyak macam reward yang bias diberikan, bias berupa bonus, incentive, kenaikan jabatan, dll.
4.       Bagaimana caranya menyatukan karyawan dengan latar belakang yang berbeda untuk bekerja optimal?
Exporter : Kita harus samakan dulu visi dan misi kita.
5.       Gambar tentang SDM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar