Minggu, 20 November 2011

WAREHOUSING


Pengenalan
Gudang tadinya diartikan sebatas sebagai tempat penyimpanan bahan baku dan barang jadi dalam jangka panjang (60-90 hari). Namun, sejak 1990-an, penyimpanan produk di gudang hanya berlangsung selama beberapa hari atau beberapa jam saja. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan logistik untuk menyediakan barang dalam waktu lebih singkat dengan biaya lebih rendah dan menyediakan pelayanan konsumen yang lebih baik. Para manajer logistik merancang ulang dan merelokasi gudang-gudang untuk memenuhi permintaan konsumen untuk memperoleh produk dalam waktu lebih singkat dan harga lebih rendah.
            ( Profil Logistik ) Perusahaan William W. Grainger bertujuan untuk menyediakan akses yang mudah dan cepat untuk memperoleh motor elektrik ( pemasok  industry ). Kesuksesan W.W. Grainger diakibatkan oleh pelayanan konsumen tanpa cela untuk 1,5 juta pelanggan aktif produknya. Grainer menyediakan 382 gudang ( dengan luas total 4.145.280 m2 ). Perusahaan Grainger memiliki 1 jaringan nasional, 2 jaringan regional, 6 zona, dan 373 gudang lokal yang menerima, menyimpan, dan mengirimkan 220.000 jenis produk dan memenuhi pesanan pada hari pemesanan atau hanya satu hari setelah pemesanan.

Sifat dan Pentingnya Pergudangan
            Gudang seringkali didefinisikan sebagai penyimpanan barang. Jika ditafsirkan secara luas, gudang dapat berupa tempat penyimpanan bahan baku atau barang jadi, di dalam atau di luar ruangan. Gudang juga dapat dibangun sedemikian rupa untuk menyimpan bahan atau produk dengan kebutuhan tertentu, misalnya gudang penyimpanan tembakau atau gudang yang dilengkapi pendingin. Setiap jenis produk pasti pernah mengalami proses penyimpanan di gudang sejak diciptakan sampai dikonsumsi. Karena inilah, gudang penting bagi ekonomi nasional. Pada tahun 1999 saja, biaya perdagangan mencapai $75 milyar (0,81% dari GDP) dan luas lahan yang digunakan sebagai gudang mencapai 1,9 milyar meter persegi.
            Dalam pengertian makro-ekonomi, fungsi gudang sangat penting karena gudang dapat membuat produk tersedia bagi konsumen kapanpun dan dimanapun konsumen memerlukannya. Penggunaan gudang dalam pelayanan konsumen menjadikan gudang sebagai nilai tambah dalam kompetisi antar perusahaan.
MARIA TAMBUNAN_UNIVERSITAS WIDYATAMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar